klikbekasi.co

Ada Apa, Pemkot Bekasi Kok Bikin Upacara HUT RI di Summarecon?

Upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang digelar oleh pemerintah daerah lazimnya di selenggarakan di fasilitas publik milik pemerintah daerah. Tapi kenapa, Pemkot Bekasi justru memilih lahan parkir Sumarecon Mall Bekasi sebagai area upacara peringatan HUT RI ke-72.

Sesuai dengan surat bernomor 800/6015/BKKPD.Set yang ditandangani Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji, pegawai Pemkot Bekasi diwajibkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-71 yang akan di selenggarakan pada hari Kamis tangggal 17 Agustus 1945 tepatnya pukul 07.30 WIB sampai dengan selesai bertempat di halaman parkir Summarecon Mall Bekasi. Para pegawai diwajibkan menggunakan seragam KORPRI.

Selain itu, pada pukul 16.00 WIB di hari yang sama, para pegawai diwajibkan hadir untuk mengikuti upacara penurunan bendera.

IMG-20170816-WA0016

Kebijakan Pemkot Bekasi ini jelas menimbulkan tanya sebagaian kalangan. Sejumlah pegawai Pemkot Bekasi mengaku heran dengan kebijakan tersebut.

“Aneh banget, kok upacara di lapangan parkir pusat perbelanjaan. Memang kita gak punya alun-alun. Atau tempat lainnya. Stadion yang kita punya kan gede,” kata sumber Bekasi Terkini yang merupakan pegawai Pemkot Bekasi, Rabu (16/8).

Sementara itu, anggota DPRD Jawa Barat dari Bekasi, Siti Aisyah ikut menyinggung hal tersebut. Baginya, tidak elok Pemkot Bekasi menggelar acara pemerintahan dengan menggunakan fasilitas swasta.

“Ini soal etika saja, idealnya pemerintah menggunakan fasilitas milik pemerintah. Apalagi ini milik swasta yang berkaitan dengan brand,” kata dia.

Bagi Siti Aisyah, sah saja, Pemkot Bekasi menggunakan fasilitas swasta, apabila Pemkot Bekasi memang tidak memiliki fasilitas sendiri.

“Kalau RT, RW mungkin bisa saja pake fasilitas swasta karena gak ada lahan. Ini kembali lagi soal etika. Tapi kalau dianggap kepala daerah tidak masalah, mau bagaimana,” kata perempuan yang akrab disapa Teteh, itu.

Ia lantas menyarankan, agar kebijakan tersebut ditinjau ulang oleh Pemkot Bekasi.

“Kalau masyarakat merasa keberatan, saya sarankan mending ditinjau ulang lagi oleh Pemkot Bekasi,” tandasnya.

Hingga berita ini ditulis, Bekasi Terkini belum mendapatkan konfrimasi dari Pemkot Bekasi perihal tempat pelaksanaan upacara HUT RI ke-72.(Ical)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke [email protected]