DKI Janji Hibahkan 40 ribu Bohlam LED Bekas, Kota Bekasi baru terima 3 ribu unit

Janji hibah bohlam LED bekas DKI Jakarta untuk Kota Bekasi hingga kini belum seluruhnya terealisasi. Saat ini, baru 3 ribu bohlam LED bekas yang diterima Kota Bekasi.

Terhitung sejak Januari 2017, DKI Jakarta telah menghibahkan 20 ribu bohlam dari sebelumnya yang dijanjikan sebanyak 40 ribu unit, kendati baru 3 ribu unit yang terangkut.

Dipastikan, seluruh kawasan Kota Bekasi akan terang benderang pada malam hari bila 40 ribu bohlam lampu penerangan jalan yang dijanjikan sebagai hibah DKI Jakarta jadi terealisasi.

“Kalau hibah lampu bekas yang dijanjikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama jadi dihibahkan ke Kota Bekasi, saya jamin 12 kecamatan di Kota Bekasi akan terang pada malam hari,” kata wali kota Bekasi Rahmat Effendi, Kamis (20/4/2017).

Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi mengatakan, Pemprov DKI telah diinstruksikan oleh Ahok untuk menyerahkan seluruh bohlam bekas itu kepada Kota Bekasi.

“Kami sangat senang dapat bohlam ini, karena belum semua jalan lingkungan di Kota Bekasi ini memiliki PJU,” katanya.

Secara terpisah, Kepala UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi, Soenaryo, mengatakan dari 20 ribu bohlam yang dihibahkan sejak Januari 2017, saat ini baru terangkut 3 ribu unit.

“Sisanya bohlam masih dibiarkan berada di Jakarta meskipun secara administrasi sudah resmi milik Kota Bekasi,” kata dia.

Pihaknya mengaku saat ini masih memproses administrasi pengadaan tiang dan penutup lampu secara swadaya oleh Pemkot Bekasi.

“Maka dari itu, fokus pengadaan barang UPTD PJU tahun ini hanya pada tiang dan penutup lampu tanpa mengalokasikan dana untuk pembelian lampu tambahan. Sebab fokus saat ini ialah pemanfaatan lampu-lampu yang dihibahkan Pemprov DKI Jakarta,” tandas dia. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.