Harga Komoditi Ini Naik, Pembeli Komplain, Pedagang Pusing!

Merangkaknya harga komiditi cabai merah, bawang putih, dan tomat membuat pedagang Pasar Kranji Baru pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, kenaikan harga komiditi itu mencapai 80 persen dari harga normal. Itu dipicu menjelang datangnya bulan puasa.

“Ya kita mah penjual taunya dari sananya naik, ya kita naikin juga jualnya, pusing juga si mas kan kalo gak stabil. Pembelinya juga banyak komplain, sekarang aja kenaikan udah hampir 40 sampai 80 persen dari harga normal,” tutur Destri, Kamis (11/5/2017).

Destri mengatakan, harga cabai merah yang di pasarkan sebelumnya Rp25.000, kini menjadi Rp40.000 per-kilogram. Harga tomat, semula Rp6.000 kini merangkak naik menjadi Rp9.000.

Kendati, harga bawang putih sampai saat ini masih bertahan diangka Rp60.000 per-kilogram, dari semula dijual kisaran Rp35.000 per-kilogram.

Salah satu pembeli, Ani mengaku khawatir dengan merangkaknya harga kebutuhan pokok menjelang bulan pusa nanti.

Karena itu,  ia berharap pemerintah bisa
mengendalikan harga kebutuhan pokok, terutama Sembilan bahan pokok (Sembako). Agar, kenaikan tidak diikuti jenis kebutuham pokok lain.

“Kalo bisa pemerintah kurangin harga sembako jangan terlalu mahal kasian warga–warga yang gak mampu,  kalo sekarang-sekarang ini belum terlalu, mungkin nanti pas puasa kan melonjak tinggi,” keluh dia. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.