klikbekasi.co

Hari Koperasi, Dekopinda Kota Bekasi Gelar Jalan Sehat dan Bagi-bagi Doorprize

 

Warga Kota Bekasi merayakan hari koperasi nasional yang terselenggara di Perumahan Vida, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Bantargebang, dengan menggelar jalan sehat yang dilepas langsung Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua harian Dekopin pusat, Agung Sujatmoko, dan Ketua Dekopinda Kota Bekasi, Anim Imamudin, Minggu (6/8/2017).

Dalam jalan sehat tersebut, puluhan doorprize disediakan oleh panitia Dekopinda Kota Bekasi berupa hadiah utama 5 unit sepeda motor, dan berbagai macam peralatan elektronik untuk kebutuhan rumah tangga.

Ketua harian Dekopin pusat, Agung Sujatmoko, berharap dengan Gerakan Koperasi ke–70, koperasi dapat meningkatkan daya saing yang kuat dan sehat agar bisa bersaing dengan bidang usaha lainnya.

Menurutnya, dengan ditingkatkannya daya saing yang kuat dari gerakan koperasi yang dimodali oleh dinas terkait selaku pembina dan dekopin, maka koperasi ke depan harus bisa bersaing dan sejajar dengan berbagai usaha lainnya.

“Sebagai wadah dari gerakan koperasi, mudah-mudahan setiap pengurus koperasi yang ada di Kota Bekasi bisa melaksanakan kegiatan koperasi dengan baik, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta masyarakat sekitarnya.” kata Agung.

Sementara terkait adanya Koperasi Pasar Kranggan, kata Agung, dimana memang memiliki aset yang sudah cukup besar serta anggotanya mencapai ratusan, dapat menjadi percontohan di Kota Bekasi.

“Saya berharap Koppas Kranggan terus dapat memberikan motivasi dan semangat kerja yang tinggi kepada koperasi-koperasi lain di Kota Bekasi agar bisa mengembangkan organisasinya, terutama memperbaiki sistem manajemen agar lebih baik lagi ke depannya dengan semakin sehat dan maju,” ujar Agung.

Agung mengakui usaha dalam membangkitkan koperasi didukung oleh pemerintah. “Political will, action will, dan sinergis kebijakan dari pusat hingga daerah, dan berbagai peluang dibuka oleh pemerintah untuk koperasi,” tambahnya.

Hingga akhir 2017 Dekopin terus membidik koperasi di daerah kususnya pedesaan. Selain membina 150.000 koperasi yang masih aktif, Dekopin tengah merehabilitasi 1.000 koperasi pedesaan agar dapat menjadi anggota Dekopin.

Ketua Dekoponda Kota Bekasi, Anim Imamudin, mengaku kalau agenda pelaksanaan hari koperasi dilaksanakan satu tahun sekali di Kota Bekasi.

“Hari ini, peringatan hari koperasi adalah terbesar di untuk tingkat kota atau kabupaten, mengapa? karena jumlah masyarakat yang hadir juga cukup banyak,” kata Anim.

Di Kota Bekasi sendiri, lanjutnya, sudah memiliki Koperasi yang sukses menyabet berbagai prestasi di tingkat nasional, Koppas Kranggan. Karena itu, Anim terus akan mempertahankan aset yang telah ada.

“Kita berkontribusi, selain dari ekonomi, edukasi tentunya hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Bekasi,” pungkas Anim.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, berharap koperasi mewujudkan fungsinya tepat sasaran.

“Agar benar – benar nampak ke permukaan manfaat kehadiran koperasi itu sendiri di tengah-tengah masyarakat. Dan betul-betul bisa mandiri dan berkarya untuk masyarakat terutama kepentingan anggotanya,” katanya.

Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, mengakui kalau aset Dekopinda Kota Bekasi. Ditambah lagi, pada tahun 2017 ini Dekopinda Kota Bekasi menadapat tambahan dana Rp 17 miliar,

“Sebelumnya kan hanya Rp 10 miliar, untuk itu diharapkan uang belum aktif di koperasi dapat ditingkatkan administratif dan dibangun. Sehingga, ekonomi kerakyatan semikin tumbuh,” tandas Pepen. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke [email protected]