Kelenteng tertua di Bekasi bertambah usia, ketua yayasan suguhkan Budaya Nusantara

Kelenteng Hok Lay Kiong yang berada di Jalan Mayor Oking, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, menggelar pagelaran wayang golek dalam rangkaian acara bertambahnya usia kelenteng tertua di Bekasi ini, Jumat (31/3/2017) malam.

Warga masyarakat tiong hoa yang tinggal dilingkungan sekitarpun nampak antusias. Bahkan, tidak hanya umat Kong Hu Chu, namun umat islam dilokasi juga turut menyaksikan pagelaran wayang golek yang mengambil tema ‘Bhineka Tunggal Ika’.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan, mengungkapkan bahwa pagelaran wayang golek dengan tema Bhineka Tunggal Ika sengaja dipilihnya dalam merayakan usia Kelenteng Hok Lay Kiong.

Selain itu, ia juga mengaku sengaja merayakan bertambahnya usia Kelenteng Hok Lay Kiong dengan pagelaran wayang golek. Pasalnya, wayang golek merupakan budaya Indonesia yang tidak boleh hilang dari peredaran masyarakat Indonesia khususnya Kota Bekasi yang terletak di provinsi Jawa Barat.

“Acara ini akan kita laksanakan selama tiga hari tiga malam, selain wayang golek yang kita suguhkan. Juga ada wayang kulit untuk menghibur masyarakat,” kata dia kepada Bekasi Terkini.

Dalam pengamatan Ronny, setiap Kelenteng yang ada di Indonesia, selalu mengambil acara dalam hari besar umat Kong Hu Chu atau agenda lainnya dengan menghadirkan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

“Budaya lokal selalau diterapkan dalam perayaan umat kami. Dan saat ini kita ambil tema Bhineka Tunggal Ika karena melihat kondisi negara yang sedang digoyang dengan isu berbau Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Dari sini semoga masyarakat Kota Bekasi dapat mengambil nilai posiyifnya,” ujar dia.

Meski demikian, Ronny meyakini ditengah banyaknya konflik isu SARA yang dimunculkan oleh beberapa oknum atau kelompok. Masih banyak masyarakat yang ingin hidup dalam kerukunan, bersatu padu mempertahankan nilai-nilai luhur pancasila.

Dalam pagelaran ini, turut hadir Mantan wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad yang merupakan politisi senior PDIP Kota Bekasi, dan Ketua DPC Partai Gerindra Ibnu Hajar Tanjung. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.