Kini Masyarakat bisa buat Laporan Polisi melalui aplikasi online

Sistem Informasi Aplikasi Pelporan-Polda Metro Jaya (SIAP-PMJ) di Polres Metropolitan Bekasi Kota sudah berfungsi dan dapat digunakan oleh masyarakat, demikian disampaikan Kepala Subbagian Humas Polres Metropolitan Bekasi Kota, Komisaris Erna Ruswing, Selasa (2/5/2017).

“Masyarakat diharapakan dapat mendownload aplikasi SIAP-PMJ yang ada di Android. Aplikasi ini berfungsi untuk pelaporan yang langsung bisa di laporkan di tempat kejadian perkara,” kata dia kepada Bekasi Terkini.

Untuk dapat melaporkan kejadian perkara. Nantinya masyarakat yang menggunakan aplikasi SIAP-PMJ dapat mengikuti aturan yang ada, seperti pendaftaran identitas diri dan lainnya.

Laporan itu akan diterima langsung oleh pihak kepolian terdekat. Bahkan, dalam jangka waktu yang tidak lama polisi dapat mendeteksi keberadaan pelapor.

Polres Metropolitan Bekasi Kota sendiri sudah mempersiapkan Hardware, ruangan IT beserta 4 perangkat Komputer yang sudah siap di operasikan. Semuanya juga tersambung langsung ke Softwre di Polda Metro Jaya.

“Kapolsek, Bhabinkamtibmas, itu sudah masuk dalam database sistem SIAP-PMJ di Polres. Semuanya sudah matang dan tinggal menunggu laporan masyarakat secara online,” tandas dia.

Di informasikan, SIAP-PMJ baru digunakan di 3  Markas Kepolisian seperti Polres Jakarta Barat, Kota dan Kabupaten Bekasi. Penggunaannya sendiri, masyarakat dapat mengambil gambar di TKP dan mengirimkan ke aplikasi SIAP-PMJ.

Laporan tersebut nantinya akan sampai ke pihak Kelolisoan yang berjaga diruangan dan terpantul melalui GPS. Polisi terdekat dari TKP, akan langsung dikabarkan oleh tim yang piket untuk menindaklanjuti laporan masyarakat. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.