Pemkot Bekasi Bantah Ada Anggaran Siluman di APBD Perubahan

Pemerintah Kota Bekasi membantah ada anggaran ‘siluman’ dalam APBD Perubahan 2016, seperti disebut oleh Ketua DPRD dalam rapat Badan Anggaran pada Selasa (15/11/2016) malam.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kota Bekasi, Jumhana Luthfi menegaskan semua anggaran dalam APBD Perubahan murni untuk kepentingan masyarakat.

Menurut Lutfi, hasil APBD Perubahan sudah disepakati dalam rapat bersama anggota dewan. Walaupun, kata dia, tanpa ditandatangani Ketua DPRD Kota Bekasi.

“Kita sudah sepakati bersama, walaupun kondisi sempat memanas karena beberapa anggota memutuskan keluar, tapi tidak apa-apa karena mayoritas menyetujui,” kata dia, Rabu.

Luthfi mengungkapkan, APBD Perubahan 2016 banyak digunakan untuk belanja tidak langsung seperti pembelian alat berat jenis eskavator Rp 19 miliar.

“Dan memang banyak anggaran yang sebelumnya tidak ada di APBD murni. Jadi saya tegaskan, tidak ada anggaran siluman,” kata Lutfi.

Sementara itu, anggota Banggar DPRD Kota Bekasi, Machrul Falak, membenarkan pernyataan Lutfi. APBD Perubahan telah disepakati.

“Artinya tidak perlu lagi diparipurnakan, bisa kita cairkan dari Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D),” ujar politikus Golkar ini.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bekasi, Tumai, menyebut ada banyak anggaran tidak jelas dalam APBD Perubahan 2016.

Atas dasar itu, kata Tumai, bersama partainya PDI Perjuangan, memilih tidak menyetujui APBD Perubahan.

“Mending kami tolak dari pada menyetujui anggaran siluman,” kata dia, yang juga merupakan ketua Banggar DPRD Kota Bekasi. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.