klikbekasi.co

Penyesuaian Ganjil Genap di Tol Japek, Jasa Marga Tunggu SK Kemenhub

Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani mengaku masih menunggu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) sebagai acuan pelaksanaan sistem tersebut. Sampai saat ini, kata dia, wacana tersebut sudah dirapatkan beberapa kali oleh beberapa instansi terkait.

“Pada intinya kami mendukung dan siap menjalankan sistem itu,” kata Desi saat dikonfirmasi.

Desi mengungkapkan, sistem ini melibatkan berbagai pihak salah satunya adalah kepolisian. Petugas kepolisian akan dikerahkan supaya pelaksanaan aturan tersebut berjalan lancar.

“Untuk sistem ganjil-genap dan rerouting kendaraan golongan II sampai V akan kita lakukan dengan kepolisian,” jelas Desi.

Kepala Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Handoyono menambahkan, pemerintah telah memberikan transportasi alternatif, yaitu TransJabodetabek di bahu jalan ruas tol. Trayek transportasi ini dimulai dari Summarecon Bekasi-Bundaran HI Jakarta.

“Bus TransJabodetabek menggunakan koridor khusus (High Occupancy Vehicle/HOV) dengan pengawalan vooridjer dari Kementerian Perhubungan, sehingga bisa memangkas waktu perjalanan masyarakat,” kata Handoyono.

Seperti diketahui, sebanyak 30 unit bus TransJabodetabek mulai beroperasi di Kota Bekasi sejak Kamis (27/7/2017) lalu. Angkutan massal milik Perum PPD ini melayani trayek Summarecon Bekasi-Bundaran HI mulai pukul 06.00 pagi.

Kepala Divisi Humas Perum PPD, Arga Narendra meyakini transportasi antar wilayah ini mampu memangkas waktu perjalanan hingga 70 persen.

“Kita lengkapi dengan voorijder agar bisa memangkas waktu perjalanan. Saat uji coba pertama waktu tempuh berkurang 50 persen, target kami 70 persen,” kata Arga.

Dia mengungkapkan, TransJabodetabek berbeda dengan TransJakarta dari Kota Bekasi, meski sama-sama melaju dari Summarecon Bekasi.TransJabodetabek, kata dia, setelah keluar tol menggunakan jalur arteri. Sementara TransJakarta masuk ke jalurnya sendiri.

“TransJabodetabek juga dikasih pengawalan, sementara TransJakarta tidak,” tandas Arga. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.