klikbekasi.co

Pertengahan Tahun 2017, Bus Trans Patriot Mengaspal di Kota Bekasi

Pertengahan tahun 2017, Bus Trans Patriot akan mengaspal di Kota Bekasi. Kehadiran bus plat merah ini sudah di wacanakan sejak jauh-jauh hari oleh pemerintah Kota Bekasi.

Tentu, dengan hadirnya transportasi massal tersebut perlahan akan menggantikan angkutan umum yang ada saat ini, demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana.

“Hadirnya bus Trans Patriot tentunya untuk mengurai kemacetan. Dan rencananya amulai beroprasi pada bulan Juli 2017 mendatang,” ungkap dia usai melaksanakan rutinitas apel pagi di halaman Pemkot Bekasi, Senin (17/4/2017) kepada Bekasi Terkini.

Yayan mejelaskan, bus Trans Patriot rencananya akan menggunakan mobil berukuran mini bus yang sanggup menampung penumpang hingga 25 orang.

“Dengan kehadiran transportasi masal ini diharapkan secara perlahan angkutan yang ada akan bergeser berganti dengan Trans Patriot nanti,” pesan dia.

Saat ini, lanjut Yayan, Kota Bekasi sangat membutuhkan alat transportasi masal baru. Karena, selama ini angkutan umum yang beroperasi belum pernah dievaluasi. Nyatanya, jumlah angkutan yang ada saat ini sebanyak 3.500 unit.

Maka dari itu, pihaknya segera mengganti angkutan umum dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga daya tampungnya pun akan lebih banyak.

“Selama ini, angkutan yang ada hanya bisa menampung sekitar 11 hingga 12 penumpang. Dan tentunya angkutan umum lebih banyak sehingga menjadi bikin semrawut jalanan,” tutur dia.

Yayan menargetkan, pada Juli mendatang bus Trans Patriot tersebut segera beroperasi. Trayek Terminal Bekasi-Pondok Gede akan menjadi sasaran pertama uji coba dari Trans Patriot ini.

Namun, secara keseluruhan rencanannya ada empat trayek yang akan segera dilintasi oleh bus Trans Patriot pada 2017 ini. Di antaranya, Bekasi Kota-Harapan Indah-Pulogebang, Sumber Arta-Wisma Asri dan Wisma Asri-Bantar Gebang.

“Transportasi massal ini nantinya juga akan terhubung dengan sarana transportasi umum lainnya di Kota Bekasi,” kata dia.

Hanya saja, untuk pengoperasian bus Trans Patriot, pemerintah Kota Bekasi tidak akan memberikan jalur khusus seperti Trans Jakarta.

“Karena, panjang dan lebar jalan Kota Bekasi tidak sama dengan jalan-jalan yang ada di DKI Jakarta,” tandas dia. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.