klikbekasi.co

Putus Mata Rantai Thallasaemia, Daihatsu Gelar Seminar Ilmiah

PT. Astra Internasional Daihatsu Bekasi Tbk, menyelenggarakan seminiar ilmiah bekerjasama dengan Akademi Kebidanan Bunda Aini, Senin (22/8/2017) siang. Agenda seminar ilmiah ini bertemakan ‘Mengenal Thallasaemia Sejak Dini’ .

General Manager Bidang Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Astra Internasional Daihatsu Bekasi Tbk, Sakti Aji, mengungkapkan kalau seminar ini adalah kali keduanya terselenggara di Bekasi.

“Perusahaan Daihatsu, kita sangat peduli dan sadar akan bahaya penyakit Thallasaemia. Karena itu, setiap tahun kita rutin sosialisasikan ini untuk memutus mata rantai Thallasaemia,” kata Aji disela-sela seminar ilmiah dengan Mahasiswi Akademi Kebidanan Bunda Aini kepada Bekasi Terkini.

Aji menjelaskan, Thallasaemia adalah penyakit keturunan dimana itu tidak bisa dipulihkan. Hanya saja, Thallasaemia masih bisa di cegah. Caranya, dengan rutin menyosialisasikan kepada masyarakat.

“Thallasaemia adalah bahasa kedoketeran, kalau biasa dikenal dikalangan masyarakat adalah penyakit kuning yang disebabkan kerusakan kromoson,” jelas Aji.

Penyandang Thallasaemia biasanya rutin harus melakukan transfusi darah. Hal itu akibat kurangnya sel darah merah yang ada dalam tubuh manusia.

Di Indonesia sendiri, kata Aji, pengidap Thallasaemia cukup signifikan. Bahkan, di Jawa Barat, Kota Bekasi masuk urutan kedua pengidap Thallasaemia dimana nomor satu di Tasikmalaya dan nomor tiga di Bogor.

“Itu disebabkan, pemerintah daerah dan pusat kurang gencar menyosialisasikan penyakit Thallasaemia. Sehingga, kami perusahaan Daihatsu turun dan ikut serta memutus mata rantai Thallasaemia,” kata dia.

Aji melanjutkan, pada tanggal 24 Agustus 2017 lusa. PT. Astra Internasional Daihatsu Tbk kembali akan menggelar seminar besar di Taman Impinan Jaya Ancol.

“160 pengidap Thallasaemia akan kami kumpulkan disanah, mereka rata-rata dari daerah Bekasi dan Depok,” kata dia.

Kedepan, Aji berharap agar pemerintah daerah juga dapat bekerjasama dengan PT. Astra Internasional Daihatsu Tbk untuk memutus mata rantai penyakit Thallasaemia.

Di penutup acara, PT. Astra Internasional Daihatsu Tbk, juga memberikan sertifikat kepada Yayasan Akademik Kebidanan Bunda Aini dan Yayasan Thallasaemia Indonesia. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke [email protected]