klikbekasi.co

Soal Tata Kelola Aset, DPRD: Kota Bekasi Harus Contoh Surabaya

Soal tata kelola aset tanah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Ronny Hermawan, mengimbau agar Pemerintah Kota Bekasi dapat mencontoh Kota Surabaya.

Hal ini ia katakan menyusul ketika Komisi I DPRD Kota Bekasi melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Surabaya, beberapa pekan lalu.

Karena itu, lembaganya sebagai pengawas eksekutif memberikan masukan yang juga diminta dapat direalisasikan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Pemerintah Kota surabaya dinilai serius untuk melakukan sertifikasi aset-aset pemerintah. Malahan, hampir 80 persen aset sudah tersertifikasi.

“Ini yang mau kita klarifikasi ke Pemkot Bekasi, existing sampai hari ini seperti apa perihal aset di Kota Bekasi,” kata Ronny, Sabtu (12/8/2017) kepada Bekasi Terkini.

Padahal, menurut Ronny, penyelesaian sengketa tanah perlu di lengkapi dengan sistem yang rapih. Surabaya sendiri, punya E-sengketa, database advokasi, sengketa pertanahan dan aset

Lanjutnya, terkait penyerahan dan ketersediaan fasilitas sosial-fasilitas umum (Fasos-Fasum), Pemkot Surabaya mengharuskan secara administratif.

“Artinya, Pemkot Surabaya menyerahkan fasos-fasum setelah izin site plan sudah dikeluarkan, sehingga tidak memungkin terjadinya perubahan site plan dikemudian hari,” kata dia.

Dengan begitu, Komisi I DPRD Kota Bekasi akan kembali melakukan review dan kontrol terhadap aset-aset di Kota Bekasi.

“Tentunya yang potensi terjadinya kerugian daerah sangat besar jika tata kelola masih tidak efektif,” tandas Ronny. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke [email protected]