Trase jalan Tol Becakayu berakhir di persimpangan BCP

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi memastikan trase perlintasan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan berakhir disekitar persimpangan Bekasi Cyber Park, Kecamatan Bekasi Selatan.

“Artinya ada perubahan trase dari rencana awal berakhir di Jalan Ahmad Yani atau di Jalan Kemakmuran. Ternyata diputuskan habisnya di sekitar BCP Jalan KH Noer Ali,” kata Kepala Bappeda Kota Bekasi Koswara Hanafi di Bekasi, Kamis (16/3/2017).

Menurut Koswara, keputusan itu terungkap saat terakhir rapat bersama antara pihaknya dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta pekan lalu.

“Ya, di BCP Jalan KH Noer Ali nanti adalah akses turun (tol),” kata dia.

Sementara Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, perubahan trase Tol Becakayu itu tidak lepas dari intervensi pihaknya atas proyek bernilai triliunan rupiah itu.

“Semula, Kemen PUPR ingin trase Becakayu menyasar kawasan Jalan Ahmad Yani. Namun saya lihat kalau di sana ditambah jalan layang, bisa merusak estetika kawasan portokol karena di situ sudah ada Jalan Layang Summarecon,” kata dia usai santap makan sore di kawasan Wisata Kuliner.

Pepen sapaan akrab Rahmat Effendi, mengatakan Pemerintah Kota Bekasi sempat mengusulkan agar lintasan tol itu melalui Jalan Kemakmuran atau di belakang Kantor Pemkot Bekasi Jalan Ahmad Yani.

Pembangunan Seksi I Tol Becakayu diketahui akan ditargetkan rampung pada akhir 2017. Tol ini akan tersambung dengan jaringan jalan tol lain yang sudah beroperasi sebelumnya.

Pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) ini akan mengatasi permasalahan kemacetan yang khususnya terjadi di Jalan Kalimalang – KH Noer Ali. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.