Warga menduga berbusanya air Kali Bekasi akibat limbah industri

Air Kali Bekasi semua berwarna cokelat kini mendadak berubah warna menjadi putih berbusa. Hal ini tentunya menjadi perhatian pengendara motor yang melintas di Jalan M hasibun, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Jumat (17/3/2017).

Berbusanya air Kali Bekasi ini mendapatkan pesan yang negatidf dari masyarakat sekitar. Main (60) salah satu warga RT 04 RW 09 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, menduga berbusanya air Kali Bekasi akibat adanya pencemaran limbah industri.

“Udah dari tadi pagi ini berbusanya, saya kira ini karena adanya pencemaran limbah deh dari pabrik-pabrik yang salurannya langsung menuju Kali Bekasi,” kata dia kepada Bekasi terkini.

Pasalnya kata Muin, air Kali Bekai di wilayahnya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Ia meyakini bahwa berbusanya air Kali Bekasi diakibatkan adanya limbah indutri yang dibuang oleh pabrik.

“Di bagian pintu air Pilsdo kita lihat tidak, tapi setelah air turun dan kembali mengalir malah berubah menjadi busa, terus apalagi kalau bukan limbah,” tutur pria yang mengaku sering mancing di area tersebut.

Akibat hal ini, Muin mengaku tidak bisa menjalankan rutinitas sehari-harinya memancing ikan. Sebab, gumpalan busa tersebut cukup tebal menyelimuti air Kali Bekasi.

“Ya gabisa mancing lagi, tunggu sampai busa hilang kalau kaya gini mah. Engga tau juga kalau dipaksain ikan pada mati atau engga. Kalau ini limbah saya juga ga berani makan ikannya, takut beresiko,” tandas dia. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.