klikbekasi.co

Warga Perbatasan Antusias Nyoblos

Warga perbatasan DKI Jakarta di bagian timur antusias menggunakan hak pilihnya dalam coblosan Pemilihan gubernur DKI Jakarta, Rabu, 19 April 2017. Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35, Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, hingga pukul 09.30, hampir separuh daftar pemilih tetap menggunakan hak pilihnya.

Berdasarkan data dari TPS 35, jumlah DPT di wilayah tersebut sebanyak 668 terdiri dari 350 perempuan dan 318 laki-laki. Hingga berita dibuat jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya mencapai 274 orang.

“Tadi sempat ngantre, karena banyak yang datang,” kata Belinda (18), Rabu (19/4/2017) kepada Bekasi Terkini.

Warga Pondok Kopi ini mengaku datang sekitar pukul 08.00 WIB, rupanya di lokasi TPS sudah banyak warga yang datang, karena itu ia sempat menunggu hingga 15 menit.

Warga lainnya, Vina Arisa, mengaku harus menunggu hingga pukul 12.00 WIB untuk menggunakan hak pilihnya. Sebab, warga RW 21 ini tak membawa undangan mencoblos dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta.

“Terpaksa nunggu sampai jam 12,” kata dia.

Vina mengaku namanya tercatat dalam DPT, hanya saja undangan mencoblos tak sampai ke rumahnya. Sebab, Vina tinggal tidak sesuai dengan domisili yang tercatat dalam identitas seperti Kartu Tanda Penduduk maupun Kartu Keluarga.

“Saya tinggal di tempat adik, kemungkinan ada undangan, tapi di tempat lama,” kata dia.

Pada putaran pertama, Vina mengaku menggunakan hak pilihnya meski tak membawa undangan. Vina menggunakan hak pilihnya memakai KTP dan Kartu Keluarga.

“Hari ini katanya disuruh datang pagi-pagi, enggak tahunya bisa nyoblos di atas jam 12 sampai jam 1,” ujar dia.

Berdasarkan pantauan, pemilih di TPS tersebut hingga berita dibuat terus berdatangan. Panitia menjadwalkan proses pencoblosan bagi yang membawa undangan sampai pukul 12.00 WIB. Sedangkan, yang membawa KTP dan KK pukul 12.00-13.00 WIB.

Adapun proses coblosan di TPS tersebut berjalan kondusif, mendapatkan pengawalan dari anggota polisi dan tentara, serta Satpol PP. Tak ada pergerakan massa ke lokasi pencoblosan. (Mya)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.