KPU Berikan Pendidikan Politik kepada BEM se-Kota Bekasi

KPU Kota Bekasi melakukan sosialisasi tahapan Pilkada serentak 2018 kepada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kota Bekasi dengan mengangkat tema “Membangun kesadaran politik masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan” di Rumah Makan Margajaya, Bekasi Selatan, Selasa (20/3/2018).

Hadir sebagai narasumber Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarhaeni, dan Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Syafrudin yang di moderatori oleh Kasubbag Hukum Fatimah Ria Apriani.

Dalam kesempatan itu, Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM Nurul Sumarhaeni, menyampaikan sejumlah informasi terkait dengan penyelenggaran Pilkada serentak 2018.

Nurul menjabarkan beberapa poin tentang penyelenggara Pilkada yaitu, materi tentang ketentuan umum kampanye, ketentuan partisipasi masyarakat dalam pemilihan serta dasar hukum penyelengga Pilkada.

“Tujuan dari sosialisasi ini agar teman-teman mahasiswa mengerti penyelenggara pemilu,” kata Nurul.

Soalnya, jelang pemungutan suara, KPU Kota Bekasi membuka ruang kepada seluruh elemen masyarakat maupun mahasiswa jika berkeinginan menjadi pemantau pemilihan.

“Mereka bisa terlebih dahulu mendaftar ke KPU agar di akreditasi. Dan, kami akan kasih mereka tanda pengenal sehingga bisa melakukan pemantauan secara legal,” ujar Nurul.

Menurutnya, kampanye pilkada merupakan bagian dari pendidikan politik masyarakat dan di laksanakan secara bertanggung jawab.

“Ini bertujuan meningkatan partisipasi masyarakat secara luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggara pemilihan yang aman, tertib dan lancar,” tandasnya.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Perencanaan dan Data, Syafrudin, menambahkan bahwa sudah saatnya mahasiswa melek berkaitan dengan pesta demokrasi.

Syafrudin juga memastikan jika poin-poin dalam penyelenggara Pilkada tahun 2018 cukup ketat. Sehingga, tingkat kecurangan dalam data pemilih dapat teratasi.

“Salah satunya adalah, sekarang ada pengawas di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) bukan di tingkat kelurahan, hasil perhitungan suara nanti akan kita forward langsung ke portal KPU RI,” pungkasnya. (MYA)


Ingin tulisanmu dimuat di Bekasi Terkini? Kirim ulasan ringan tentang komunitas, kuliner, destinasi, budaya atau tulisan opini ke redaksi@bekasiterkini.com.